KEGIATAN KEMENPERIN

Pelatihan Pewarnaan Batik Tulis Bagi Pokmas APP Bidang Indag Provinsi Jatim di BBKB Yogyakarta


Pada hari Selasa, 5 Maret 2013 pukul 08.00 WIB di Ruangan Soga Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dilakukan Pembukaan Pelatihan Pewarnaan Batik Tulis Bagi Pokmas APP Bidang Industri dan Perdagangan, kerjasama antara Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Timur dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta. Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik Drs. Handoyo mewakili Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta dan dihadiri oleh Para pejabat eselon III dan IV di Lingkungan BBKB; Pendamping dari Disperindag Propinsi Jawa Timur dan seluruh peserta pelatihan. Pelatihan yang diikuti sebanyak 20 (dua puluh) perajin merupakan tindak lanjut dari program pemerintah Propinsi Jawa Timur dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pewarnaan batik tulis.

Pada sambutannya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Timur yang diwakili Kepala Seksi Industri Alat Angkut Darat dan Jasa Keteknikan Dra. Ismandiah, MM mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan kesempatan sekaligus peluang bagi Kelompok Masyarakat APP yang dalam kategori hampir miskin untuk mengasah kemampuan dan keterampilan dalam melakukan pewarnaan batik. Disamping itu para peserta diharapkan menggunakan waktu yang sebaik-baiknya dengan harapan agar dalam waktu yang singkat ini mampu menyerap hasil pelatihan walaupun masih dalam tingkat dasar. Dalam kesempatan terpisah tenaga pendamping dari Disperindag Propinsi Jawa Timur Mulyono mengatakan kegiatan ini merupakan program lanjutan yang dilaksanakan oleh pemerintah Jawa Timur yang sudah berlangsung sejak tahun 2005. Anggota Pokmas (Kelompok masyarakat) APP tersebut beranggotakan sebanyak 20 orang dan setiap kecamatan mempunyai 2 (dua) kelompok dengan kategori miskin dan hampir. Guna meningkatkan taraf hidupnya pemerintah daerah memberdayakan masyarakat melalui pelatihan, pengembangan dan pelestarian, meliputi:batik, kerajinan batu akik, kuningan dan mebel dan juga untuk menjaga keberlangsungan usaha pemerintah daerah memberikan fasilitasi berupa kemitraan dengan perbankan dan memasarkan hasil produknya.

Dalam kesempatan tersebut Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Jasa Teknik Drs. Handoyo menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Timur dalam melakukan kerjasama Pelatihan Pewarnaan Batik Tulis Bagi Pokmas APP Bidang Industri dan Perdagangan. BBKB juga terus berupaya menumbuhkembangkan pengrajin–pengrajin baru untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitasnya agar mampu memanfaatkan kekayaan alam setempat guna memberi nilai tambah serta mampu meningkatkan daya saing khususnya industri batik.

Share:

Berita Serupa

Kegiatan Lainnya